Skip to content

Saya dan (Hutang Baca) Buku-Buku Wish List

buku-buku-wish-list-tulisandin.jpg

Saya dan (Hutang Baca) Buku-Buku Wish List – Membaca buku adalah satu aktivitas yang saya syukuri bisa saya lakukan sejak akhir tahun lalu. Tahun-tahun lalu biasanya saya mandeg menyelesaikan buku karena satu dan lain hal. Dulu karena tak sempat masih urus balita dan ngga ada budget beli buku. Tak banyak juga buku yang membuat saya minat baca. 

Sekarangpun saya lebih banyak memilih buku-buku non fiksi karena pada dasarnya saya kini lebih terdorong meng-upgrade kemampuan diri. Kini saya kembali mengulang pola mandeg selesaikan baca buku. Alasannya sekarang sih lebih karena ingin satu buku diselesaikan baca sebelum memulai yang lainnya. Detilnya ada dibawah ini:

Hutang Baca Buku dan Buku Muhammad by Martin Lings 

Awal tahun ini saya punya keinginan membaca lebih banyak buku. Nyatanya, untuk memulai baca buku baru ngga mudah karena saya sudah punya hutang baca beberapa buku sebelumnya. Salah satunya buku Muhammad : Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik yang ditulis Martin Lings. Pernah juga saya sebutkan tentang buku ini di tulisan Tentang Seragam Nikahan, yaitu tentang pernikahan Rasulullah dengan Aisyah. 

Tak mudah menyelesaikan buku ini karena ada begitu banyak nama, lokasi dan detil lainnya yang membuat saya sering overwhelmed mencernanya. Sepertinya saya butuh semacam pohon keluarga suku dan peta daerah untuk lebih memahami buku ini. Begitu banyak orang dan keturunannya yang terlibat dalam kehidupan Nabi Muhammad, dan begitu banyak yang berjasa dan rela mati syahid demi Islam. 

Ada banyak detil sejarah yang penting untuk dibaca sebagai seorang muslim. Saya merasa harus, harus, harus sekali menyelesaikan buku ini dibanding buku lain. Semakin banyak saya baca, saya semakin paham sosok Rasulullah. Jujur saja, selama ini sosok Rasulullah yang saya tahu cuma ‘sekelebat’ dari potongan hadis dan buku kisah nabi anak-anak. Sayapun semakin memahami-Nya dan sifat-Nya. 

Sebentar lagi juga sudah masuk bulan Ramadan, sehingga cocok sekali untuk menyelesaikan buku ini demi menyelami sebulan penuh puasa. Semoga saya diberi keleluasaan dan waktu untuk menyelesaikannya. Insya Allah kini sudah setengah buku selesai dibaca. 

Buku #DietKenyang dan Empowered Me

Nah, salah dua buku yang saya ingin baca adalah buku #DietKenyang dari Dewi Hughes dan Empowered Me dari Puty Puar. Keduanya menarik perhatian saya dari sisi kesehatan fisik dan batin. 

Saya sudah sedikit ‘intip-intip’ isi dua buku ini. Namun satu buku sedikit terlalu mudah untuk dicerna dan lainnya terlalu rumit dari yang saya harapkan. Buku yang terlalu mudah dicerna ini rasanya seolah tidak berani mengungkap strong why buku ini ada, sementara buku yang terlalu rumit tadi mungkin berusaha keras untuk menjadi relevan. 

Oh well, tetap saja saya butuh benar-benar menyelesaikan kedua buku ini sebelum bisa menilainya. Tapi yang jelas, jikapun saya ingin mengulas dua buku ini tidak akan ditulis di blog ini melainkan di blog baru saya Sunglow.Me dan di blog lainnya yang lebih awal saya punyai sebelum blog ini. Hahaha, semoga pembaca tidak bingung. 

Buku Whole-Brain Child dan Digital for Good

Nah untuk dua buku ini saya busted banget ngga selesai-selesai baca dari tahun lalu hingga kini! Saya sudah mengaku bahwa buku Whole-Brain Child kadang terlalu rumit membahas istilah sains dan terasa membombardir saya dengan kompleksnya cara otak bekerja. Sehingga buku ini mandeg saya baca. Padahal bab-bab sebelumnya sangat insightful. Sebenarnya problema mandeg baca buku ini mirip dengan buku Muhammad yang saya bahas sebelumnya. Semoga saya diberi kekuatan menyelesaikan buku ini.

Sementara buku Digital for Good dari Richard Culatta bukannya ngga menarik. Pembahasan pertama saja itu cukup relatable bagi saya orangtua yang anaknya sangat engage dengan digital world. Tapi itulah karena persepsi bahwa buku ini akan sulit dibaca karena berbahasa Inggris dan sayapun punya hutang baca buku-buku di atas sehingga buku ini teranggurkan. 

Penutup

Begitulah tulisan ini dibuat cuma demi mengeluarkan uneg-uneg karena belum-belum selesai baca buku-buku di atas. Jika saya bisa selesaikan baca semua, jadi sebuah kemenangan tersendiri untuk saya. Bagaimana dengan kalian? Adakah buku yang sedang ingin diselesaikan dan apa buku itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *