Skip to content

Membahas Gol Personal Untuk Bulan Ramadan 2022

ramadan 2022.jpg

Membahas Gol Personal Untuk Bulan Ramadan 2022 – Tak terasa, bulan Ramadan tinggal hitungan hari. Bulan dimana dikhususkan untuk beribadah dan membersihkan tidak juga tubuh tapi insya Allah juga jiwa.

Tentu banyak harapan ketika bulan ini hadir. Muslim biasanya punya keinginan sendiri, sasaran dan target. Ada juga yang hanya mengkhususkan untuk berpuasa, tanpa banyak target. Ada pula yang sangat ingin memperbanyak ibadah, karena panen pahala.

Nah, saya punya pengalaman tidak enak waktu bulan Ramadan dimana saya merasa bulan itu terasa ‘kosong’ padahal badan serasa rontok karena persiapan ibadah puasa harian. Istilahnya, saya sibuk dengan dapur dan kesibukan rumah sementara dari sisi ibadah saya tidak merasa dapat apa-apa. Nah saya anggap bulan Ramadan itu sebuah kerugian besar dan insya Allah tidak mau lagi kejadian seperti ini.

Bulan Ramadan seperti apa yang seharusnya saya dapatkan? Aktivitas dasar dan wajib di bulan Ramadan adalah berpuasa. Sementara berpuasa bertujuan agar bertakwa kepada-Nya. Saya benar-benar ingin merontokkan keinginan-keinginan lain yang mungkin ‘nemplok’ tapi bukanlah sasaran utama berpuasa. Inginnya tidak mau berlebihan tapi juga tidak kekurangan.

Mengikuti Webinar Design Your Ramadhan

Seolah menjawab keinginan saya, saya mendapatkan informasi mengenai webinar Design Your Ramadhan yang dibuat oleh Rumahabit melalui salah satu grup Whatsapp Ibu-ibu yang saya ikuti. Webinar yang berlangsung tanggal 18 Maret 2022 pukul 13.00 WIB itu cukup efisien dan juga tidak cukup lama. Namun insya Allah saya menangkap isinya.

Kamu juga bisa menonton webinarnya via Youtube:

Awal webinar, narasumber Indah Budiarti yang juga co-founder Rumahabit bertanya apakah kira-kira yang membuat Ramadan kita tidak sesuai sasaran? Dalam hati saya membatin kurangnya manajemen atau banyak kemauan. Ternyata beberapa menjawab sama, alias target terlalu tinggi. Seolah membaca kerempongan para mom, narasumber memberi beberapa contoh kenapa Ramadan bisa terasa ‘berantakan’.

Alhamdulillah beberapa tips yang dijabarkan dalam webinar cukup memberikan pencerahan. Bahkan sebenarnya telah terpikir di tahun sebelumnya, tapi semua kembali ke penerapan. Di webinar ini dijelaskan bahwa untuk mencapai target kita yang berperan sebagai Ibu di rumah, sebaiknya dibicarakan dan kompak dengan suami.

Gol Ramadan 2022 Saya

Untuk Ramadan 2022 saya punya beberapa keinginan dan target. Sebenarnya keinginan saya secara garis besar cuma balance saja. Alias seimbang. Tidak keberatan di dapur dan tidak juga keberatan di ibadah (tapi melupakan kewajiban lain naudzubillah min dzalik). Tidak lupa juga berpuasa lancar jaya.

Kira-kira inilah gol saya di Ramadan 2022 :

  • Menyederhanakan Menu : Saya berencana tidak membuat menu yang terlalu rumit dan tidak banyak, dengan tidak mengesampingkan gizi. Karena semakin rumit dan banyak menu, semakin banyak waktu yang dihabiskan
  • Meminimalisir Makan Nasi : Saya mendapat info bahwa tidak perlu kita banyak macam diet, hanya cukup 1 bulan berpuasa. Nah ada kebiasaan kalau malam habis buka puasa, sudah malas makan berat. Saya pikir ini momen pas mengurangi juga porsi nasi karena kandungan gulanya. Ini sih persiapan yang menurut saya agak butuh komitmen dan sinkronisasi
  • Mengenalkan Berpuasa ke Anak : Anak saya masih 5 tahun dan suka dunia planet. Tahun lalu saya kenalkan sedikit soal bulan puasa, tapi tidak jadi membuatnya ikutan puasa dari sahur. Walau menurut suami tidak perlu juga ikut puasa di tahun ini. Ada keinginan membuatnya coba berpuasa walau setengah hari saja. Alhamdulillah, pelan-pelan kenalkan tentang dunia Islami seperti sebelumnya mengenalkan kisah nabi.
  • Meminimailisir Utang Puasa : Untuk ini memang sih bukan kendali saya. Tapi berhubung saya masih ada utang, jadi saya berharap nggak banyak punya utang puasa.
  • Lebih Banyak Tarawih dan Mengaji : Insya Allah ingin lebih banyak shalat tarawih dan mengaji. Meski tetap yang utama adalah berpuasanya dan persiapan menunya dalam harian.

Free Template Gol Ramadan 2022 Instagram Story

Agar bersemangat dan komitmen, saya sengaja membuat template Instagram story tentang gol Ramadan 2022. Template dapat diunduh di highlight Instagram akun saya. Template ini bukan buat pamer sih, tapi lebih biar semangat dan agar terpaksa komitmen karena sudah dibagikan ke publik. Semoga berkenan ya.

Penutup

Alhamdulillah sepertinya bulan puasa setidaknya ada grup support untuk maintain edukasi anak homeschooling. Sisanya semoga saya bisa jalankan bulan puasa sesuai target. Apa kamu punya gol ramadan juga? Bisa berbagi disini.

2 thoughts on “Membahas Gol Personal Untuk Bulan Ramadan 2022”

  1. Pingback: Makanan Ternate Yang Membekas Di Hati - tulisandin

  2. Pingback: Catatan Kegiatan HS Si Kecil – Maret 2022 - tulisandin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *