Catatan Kegiatan HS Si Kecil – Februari 2022

You are currently viewing Catatan Kegiatan HS Si Kecil – Februari 2022

Karena baru saja membaca buku Homeschooling With Love yang berisi penulis mendata kemampuan anak, ditambah anjuran agar membuat jurnal harian anak homeschooling, saya putuskan untuk juga membuat catatan kegiatan Anak bulanan. Tujuannya lebih ke dokumentasi dan record kegiatan belajar anak. Meski saya tahu ada hal-hal yang mungkin saja terlewat karena bentuknya obrolan maupun pembicaraan sebelum tidur. Sehingga ada catatan kegiatan agar bisa ditinjau ulang.

Untuk diingat bahwa anak saya berumur 5,5 tahun dan telah memiliki kemampuan baca. Namun untuk saya kembali teruskan belajar calistung saya stop dulu karena pernah membaca bahwa belum saatnya.

Week 1

Mengenal Kisah Nabi : Si kecil baru saja dibacakan beberapa kisah Nabi dan memiliki beberapa buku Nabi. Senangnya si kecil suka dengan buku-buku dan kisah-kisahnya.

Bermain Outdoor di Taman : Saya mengajak anak bermain outdoor di taman dekat rumah karena khawatir dengan porsi screen time-nya. Di luar dugaan, anak saya yang tadinya biasa saja jadi super aktif dan semangat. Ia menemukan batok kelapa dan putuskan untuk bermain masak-masakan di sana. Disini saya tersadar bahwa orangtua harus ingatkan anak akan serunya bermain outdoor karena terkadang anak terlupa.

Bermain Canva : Si kecil bersemangat mencoba aplikasi Canva yang dia beri julukan “membuat logo”. Ia cukup suka mencari-cari objek dan mengganti elemen.

Menginap di Rumah Nenek Selama 3 Hari : karena rumah harus direnovasi, sehingga kami harus menginap sebentar di rumah nenek. Di sana agak amburadul nih kegiatan HS si kecil dan agak terlepas ya fokusnya. Senangnya sih di rumah nenek bisa bermain sepeda sepuasnya dan juga kegiatan outdoor lainnya.

Week 2

Membuat Planet dari Bola Gabus : Si kecil berinisiatif membuat tata surya dari bola-bola gabus yang ia temukan di toko buku besar dekat rumah. Saya senang karena ide imajinasinya muncul. Padahal kesini karena mencari kembali buku Nabi yang ia minta. Sekalian saja dibelikan cat poster. Dia langsung mengecat sepulangnya dari toko. Ia pun cukup detil memilihkan warna dalam tiap planet, kecuali Saturnus yang berwarna putih.

Di momen ini si kecil belajar media cat lain selain cat air. Dan cukup senang bereksperimen. Warna cat poster juga lebih meriah dibanding cat air yang dipunya.

Rasanya di project ini dia jauh lebih mandiri dalam hal berkreasi.

Makan Sendiri : Alhamdulillah karena si kecil pintar di rumah Nenek mau makan sendiri, jadinya setelahnya ia saya biasakan makan sendiri. Walau masih agak dibantu, tapi jadi progress besar dalam hal kemandiriannya.

Week 3

Menyusun Nama Sendiri dari Huruf dari Kertas Lipat : Suatu hari dia bangun sedikit lebih pagi dan saya kepikiran agar dia menyusun nama sendiri dengan huruf yang digunting dulu dari kertas lipat. Dia cukup senang awalnya tapi sepertinya dia tidak suka kegiatan menggunting. Alhamdulillah bermain sambil belajar huruf.

Si kecil sebenarnya sudah tahu jajaran namanya sendiri namun terkadang ia masih terbalik dalam membuat bentuk huruf dan tidak seragam huruf kecil maupun besar.

Mengecat Daun : Si kecil mau diajak mengecat daun besar yang suka jatuh di samping rumah. Sayapun ikutan berkreasi. Besoknya dia masih bersemangat mengecat daun dan bahkan berinisiatif mengambil lagi daun yang lebih besar dan panjang yang jatuh di depan rumah.

Daun-daun besar itu katanya “untuk Mama” dan karena ukurannya besar dapat dijadikan kipas.

Belajar Pecahan dari Potongan Pizza : Si kecil diajarkan belajar pecahan dari potongan gambar Pizza. Semoga dia mengerti kalau lingkaran dibagi empat menjadi empat.

Belajar Masa Kecil Rasulullah : Melengkapi belajar Kisah Nabi, si kecil ternyata tertarik dengan kisah Nabi lahir di Tahun Gajah dan Yatim Piatu. Cukup seru dan ia suka dibacakan berulang kali.

Beberapa kali ia bertanya tentang “Kenapa Gajah tidak mau pergi ke Ka’bah?” “Kenapa Aminah sakit?” Dan pertanyaan lainnya. Merupakan peluang menjelaskan kebesaran dan kekuasaan-Nya.

Week 4

Belajar Suku Kata Dari Balok Kayu : Si kecil mencocokkan suku kata dari balok kayu berwarna. Sayangnya saya kurang banyak menyiapkan suku katanya. Bisa dijadikan ide kegiatan lagi di lain waktu

Belajar Geografi Dari Google Maps : Diluar dugaan belajar keliling dunia pakai Google Maps cukup seru. Saya ‘ajak’ dia ke Mekkah melihat Ka’bah, Tajmahal dan Big Ben di London. Ia cukup suka dan mengajak saya kembali besoknya.

Si kecil bahkan lebih fasih menggunakan Google Maps dari saya. Namun ia kurang membahas lama dalam 1 spot dan sangat cepat berganti melihat tempat lain.

Belajar Mengukur Saat membuat Mobil Monster Truck Gabus : Si kecil minta dibuatkan mobil yang copot di atas roda Monster Truck. Di kesempatan ini saya ajak dia belajar mengukur menggunakan penggaris. Namun sepertinya harus sedikit diingatkan lagi.

Lain kali sepertinya harus diajak lebih berkolaborasi dan agar anak lebih menghargai proses agar tidak terbiasa instan.

Penutup

Sejujurnya ada lagi beberapa hal lain yang dipelajari. Si kecil banyak bertanya sebelum tidur. Andai saya juga bisa catat pertanyaan-pertanyaannya itu sebagai bahan kajian.

Semoga saya konsisten menulis catatan bulanan ini. Aamiin.

This Post Has 7 Comments

  1. Lia

    Waktu anak pertama, rajin banget saya seperti diatas teh..bibikinan semua sendiri tools untuk dia berkreasi. Anak kedua masih agak rajin. Pas anak ketiga.. rata2 beli jadi 😃. Tapi yang bertahan sampe sekarang adalah tetap membacakan cerita untuk mereka. Memang benar, saya pun pernah mendapat info, ajak anak untuk mengikuti proses dari setiap kreasi atau kegiatan, supaya mereka tau prosesnya seperti apa. Senang yaa kalau anak homeschooling, jadinya bisa benar2 terlibat ya.

  2. Laksita

    Teteeeh keren banget bisa HS dan bikin jadwal harian. Aku sempet juga tuh 2 atau 3 bulan, tapi pas pindah2 jadi sulit buat mulai lagi jadwalnya huhu. Ini Teteh dapet referensi kegiatan/jadwalnya dari mana kah?

  3. Risna

    Aku dari dulu ga telaten bikin catatan HS begini. Ada sih beberap catatan kegiatan anak, tapi skrg makin jarang, hehehe.
    Sepertinya, harus mulai lagi nih bikin catatan HS, biar bisa ingat progress anak-anak juga ya.
    Semangat terus HS nya ya mbak Andin

  4. DIP

    Duh sabarnya yang HS teh Andin.. kagum aku padamu. Tapi emang bener, harus dicatat. Kalau nggak dicatat hilang aja semua kenangan pas anak-anak kecil ngapain aja, huhu. Terus semangat HS-nya ya teh!

  5. DIP

    Aduh sabarnya yang HS teh Andin.. kagum aku padamu. Tapi emang bener, harus dicatat. Kalau nggak dicatat hilang aja semua kenangan pas anak-anak kecil ngapain aja, huhu. Terus semangat HS-nya ya teh! Pasti nanti kalau sudah besar akan menjadi kenangan yang berharga saat-saat mengajar si Kecil ini 🥰

  6. sheetavia

    Siiipp….numpang nyontek ya teh Andin activity-nya

Leave a Reply